Apa itu Psikologi Pendidikan?
Psikologi pendidikan itu adalah studi yang sistematis
terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan, dan pendidikan
adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar. Psikologi
pendidikan merupakan psikologi khusus, dan juga merupakan psikologi terapan
untuk memecahkan masalah psikologis dalam ruang lingkup pendidikan. Jika
dihubungkan, psikologi pendidikan dan tindakan belajar saling terkait satu sama
lain. Oleh karena itu, sering kali dikatakan bahwa lapangan kerja psikologi pendidikan
adalah tentang persoalan belajar. Psikologi pendidikan memfokuskan pada persoalan
mengenai proses dan juga faktor-faktor yang berkaitan dengan tindakan belajar.
Ada beberapa tokoh yang memelopori
Psikologi Pendidikan. William James adalah tokoh pertama yang merintis
psikologi pendidikan. Kemudian, John Dewey adalah tokoh kedua dan E.L Thorndike
adalah tokoh ketiga.
1. William James
1. William James
Menurut William James dalam bukunya Talks
To Teachers, mempelajari proses belajar dan mengajar di kelas sangat
penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengajar pengetahuan dan
pemahaman anak yang sedikit lebih tinggi (Tujuan: memperluas cakrawala
pemikiran anak.
2. John Dewey
2. John Dewey
Menurut John Dewey :
- Anak merupakan active learner.
- Pendidikan difokuskan seluruhnya pada anak dan memperkuat kemampuan anak untuk dapat beradaptasi.
- Semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.
3. E. L. Thorndike
Menurut Thorndike, tugas pendidikan adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
Menurut Thorndike, tugas pendidikan adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
Tujuan psikologi
pendidikan adalah memberi pengetahuan yang dapat secara efektif diaplikasikan
untuk pengajaran. Sistem pengajaran ini merupakan sebuah seni yang diterapkan
guru terhadap muridnya.
NB : Maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan ;)
NB : Maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan ;)
0 komentar:
Posting Komentar