Kamis, 08 Maret 2012

Psikologi Pendidikan

Apa itu Psikologi Pendidikan? 
Psikologi pendidikan itu adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan, dan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar. Psikologi pendidikan merupakan psikologi khusus, dan juga merupakan psikologi terapan untuk memecahkan masalah psikologis dalam ruang lingkup pendidikan. Jika dihubungkan, psikologi pendidikan dan tindakan belajar saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu, sering kali dikatakan bahwa lapangan kerja psikologi pendidikan adalah tentang persoalan belajar. Psikologi pendidikan memfokuskan pada persoalan mengenai proses dan juga faktor-faktor yang berkaitan dengan tindakan belajar.

Ada beberapa tokoh yang memelopori Psikologi Pendidikan. William James adalah tokoh pertama yang merintis psikologi pendidikan. Kemudian, John Dewey adalah tokoh kedua dan E.L Thorndike adalah tokoh ketiga.  

1. William James
Menurut William James dalam bukunya Talks To Teachers, mempelajari proses belajar dan mengajar di kelas sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengajar pengetahuan dan pemahaman anak yang sedikit lebih tinggi (Tujuan: memperluas cakrawala pemikiran anak.  

2. John Dewey
Menurut John Dewey :
  • Anak merupakan active learner. 
  • Pendidikan difokuskan seluruhnya pada anak dan memperkuat kemampuan anak untuk dapat beradaptasi.
  • Semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya. 
3. E. L. Thorndike    
Menurut Thorndike, tugas pendidikan adalah menanamkan keahlian penalaran anak. 

Tujuan psikologi pendidikan adalah memberi pengetahuan yang dapat secara efektif diaplikasikan untuk pengajaran. Sistem pengajaran ini merupakan sebuah seni yang diterapkan guru terhadap muridnya.

NB : Maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan ;)

0 komentar:

Posting Komentar