Kamis, 31 Mei 2012

Survey : Peran Media Internet dalam Perkuliahan

Dalam rangka menyelesaikan tugas survey online pada mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya membuat survey yang berisi 5 pernyataan yang berhubungan dengan Peran Media Internet dalam Perkuliahan, yang juga menjadi topik survey saya ini. Survey ini diisi secara online oleh 63 mahasiswa-mahasiswi fakultas psikologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2011. Berikut adalah pernyataan-pernyataan dan juga tanggapan-tanggapan yang diberikan atas pernyataan tersebut.

Saya merasa media internet sangat membantu saya dalam membuat tugas perkuliahan yang diberikan dosen 

Setuju
 56
 88.89%
Netral
 7
11.11%
Tidak Setuju  
 0
0%

Saya merasa sangat senang apabila mendapatkan tugas yang bahan-bahannya dapat dicari melalui internet

Setuju
 48
76.19%
Netral
 12
 19.05%
Tidak Setuju
3 4.76%

Saya merasa fasilitas internet di fakultas saya sangat perlu ditingkatkan lagi

Setuju
59 93.65%
Netral
4 6.35%
Tidak Setuju
0 0%

Saya merasa internet sangatlah berperan penting dalam perkuliahan
 
Setuju
58 92.06%
Netral
5 7.94%
Tidak Setuju
 0 0%

Saya merasa adanya media internet dapat meningkatkan semangat saya untuk membuat tugas

Setuju
48 76.19%
Netral
15 23.81%
Tidak Setuju
0 0%


Tabel diatas merupakan hasil dari survey online yang telah ditanggapi oleh 63 peserta yang mengikutinya. dapat kita lihat bahwa, rata-rata peserta setuju bahwa ada pengaruh peran media internet dalam perkuliahan. Hampir semuanya setuju pada pernyataan-pernyataan yang diberikan menandakan bahwa ada pengaruh media internet dalam perkuliahan. Oleh karena itu, peran media internet ini sangatlah besar, dan juga harus disertai dengan fasilitas yang mendukung. Apabila fasilitas yang tersedia tidak cukup mendukung, maka mahasiswa pun tidak dapat membuat tugas ataupun mengikuti perkuliahan dengan media internet ini dengan tenang dan nyaman. 

Saya sendiri merasa peran internet ini memang sangat penting karena pada zaman sekarang ini, kebanyakan orang juga menggunakan internet untuk melakukan segala hal, baik itu tugas, pekerjaan, dan lain-lain. Tetapi, untuk menerapkan penggunaan internet tersebut, juga diharuskan adanya fasilitas yang mendukung. Apabila tidak ada fasilitas yang cukup mendukung, maka penggunaan internet ini hanya akan menjadi beban dan hambatan bagi mahasiswa. Sebagai mahasiswa zaman sekarang ini memang kita harus peka terhadap perkembangan teknologi, tetapi kita juga harus melihat apakah fasilitas yang ada mendukung atau tidak, apabila tidak mendukung, kita juga tidak bisa memaksakan untuk mengikuti perkembangan teknologi ini. 

Survey Online yang saya coba kali ini, merupakan sebuah hal yang baru untuk saya karena saya sendiri juga tidak pernah tahu adanya survey yang dapat dilakukan dengan online, tetapi, akan sangat berat dilaksanakan apabila ada beberapa mahasiswa yang tidak memiliki laptop sendiri maupun jaringan internet sendiri dirumah. Survey Online ini merupakan hal yang sangat praktis juga apabila masing-masing individu tersebut memiliki fasilitas internet dan juga komputer/laptop. Survey Online ini juga menyediakan banyak fasilitas-fasilitas didalamnya dan memudahkan kita dalam menghitung hasil survey kita tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar